Journal

  • Muda itu Senjata

    Memecah dikotomi ini, rupanya, jauh lebih genting ketimbang berorasi mengelu-elukan pahlawan Reformasi maupun terkekeh-kekeh menyindir aktivisme lama yang (seolah) telah kehilangan relevansi.

    Read more
    0
    OK. Video
  • Untung dan Buntung Pembangunan

    Dengan kata lain, jika kita membaca video Ari yang menggambarkan betapa semrawutnya kota karena dampak sejumlah pembangunan di sana-sini, perlu juga bagi kita napak tilas sejenak pada arah pembangunan sejak era Sukarno sampai Orde Baru.

    Read more
    1
    OK. Video
  • Menyintas dalam Senyap

    Ip Yuk-Yiu menciptakan video ini dengan memanipulasi salah satu video game yang paling terkenal dalam tembak-menembak, Call of Duty: Black Ops. Ia menghilangkan gambar control panel dan senjata penembak, hingga hanya terlihat suasana rumah dan pekarangan di Nuketown yang berlangsung pada era Perang Dingin.

    Read more
    1
    OK. Video
  • Menyantap Propaganda di Atas Meja

    Hal menarik yang bisa dijadikan sorotan adalah kecanggihan manipulasi yang dilakukan oleh satu orang saja. Mulai dari peran, pengolahan gambar, pembuatan dan penataan properti, dan penyuntingan akhir–semua dilakukan oleh Douwe Dijkstra, seniman video dari Belanda.

    Read more
    0
    OK. Video
  • Yang Berubah, Selain Rindu

    Temanku Berkata mengingatkan saya bahwa titik penting sejarah tak hanya perlu dibahas dari sudut pandang mereka yang menjadi tokoh sejarah, namun juga mereka yang menikmati ekses-ekses dari sejarah.

    Read more
    0
    OK. Video
  • Mengobrak-abrik Buaya

    Menggali Buaya, karya Hafiz Rancajale di Orde Baru OK. Video, merunut kembali sejarah ambigu Indonesia yang terangkum dengan baik di Monumen Pancasila Sakti.

    Read more
    1
    OK. Video