An Ode for Cruelty: The Tomb of (Your) Hopes and Dreams So Frail

An Ode for Cruelty: The Tomb of (Your) Hopes and Dreams So Frail

An Ode for Cruelty: The Tomb of (Your) Hopes and Dreams So Frail

Instalasi Objek, Bunyi, & Pencahayaan
Indonesia, 2015

Dalam karya ini, Krisgath Achmad bermain dengan logika pencahayaan, bebunyian, dan bagaimana benda-benda sehari-hari dapat memiliki makna yang berbeda jika ditempatkan dalam satu bingkai dengan gagasan-gagasan medium lainnya. Objek pada dasarnya memiliki sejarah gagasan dan sejarah materi. Dan bagi sekelompok orang, sebuah objek tidak hanya memiliki relasi sejarah yang mengikat, tetapi jauh hingga pada konsep kebahagiaan dan keyakinan.

Bertema ‘perairan’, Krisgath mencoba menyajikan investigasi atas pergeseran persepsi, struktur, situasi, tentang migrasi, perpindahan dan penetapan populasi, sampai akhirnya membentuk sosial, budaya, politik, ekonomi, hingga kepercayaan terhadap konsep kebahagiaan dan kepuasan. Ia tidak menghadirkan masa lalu sebagai kasus spesifik, namun mencoba melihat optimisme yang coba dibangun di atas tragedi-tragedi masa lalu.

Krisgath
Krisgatha Achmad. Sekarang tinggal dan bekerja di Jakarta. Ia kuliah di jurusan desain interior. Berkat ketertarikannya dengan desain suara, ia banyak bereksperimen dengan suara, gerak grafis, cahaya, dan objek. Sejak 1999 sampai akhir 2010, Krisgatha bekerja sebagai editor di beberapa majalah independen anak muda. Kebanyakan dari karyanya mengeksplorasi beragam medium dan format, dari kanvas, print, instalasi, video dan soundscape. Ia telah berpartisipasi di forum-forum seni internasional untuk proyek seni, seminar, dan program residensi seniman.