Cape Mongo

Cape Mongo

Cape Mongo

15 menit 32 detik
Video Kanal Tunggal
Afrika Selatan, 2015

Cape Mongo adalah sebuah proyek yang menggabungkan film, seni performans di ruang publik, dan seni patung. Mongo sendiri merupakan kata slang yang berarti ‘objek daur ulang’. Karya ini menafsir masa lalu dari objek-objek budaya konsumerisme di Kota Cape Town, Afrika Selatan. Melalui performans karakter patung Mongo, si seniman menelusuri dan merekam lokasi-lokasi tertentu di Kota Cape Town—termasuk peristiwa massal di lokasi itu—dalam rangka mendadar memori tentang konsumerisme yang telah menyusup ke dalam kehidupan masyarakat kota.

Penelusuran yang dilakukan tokoh Mongo—patung yang terbuat dari bahan daur ulang produk-produk massal—dalam rentang waktu hampir dua tahun itu, lantas dikonstruksi sebagai citra untuk merepresentasi tegangan sejarah atas ketimpangan endemik dan keterasingan sosial yang mencirikan karakter kota tersebut saat ini. Karya film pun bersepadan dengan sikap daur ulang, tatkala memori budaya konsumerisme yang dokumentaris itu diayak bersamaan dengan kumpulan-kumpulan footage yang membangun—sekaligus mencerminkan—peradaban kultural yang terus berkembang dalam pola produksi-konsumsi atas objek, baik fisik maupun tidak.

Francois Knoetze

Francois Knoetze mendapat gelar sarjana Seni Rupa dari Universitas Rhodes pada 2012. Saat ini sedang mengejar gelar Master of Fine Arts di Michaelis School of Fine Art. Sekarang, mengkhususkan dirinya membuat kumpulan patung menggunakan sampah dan benda lain yang dibuang, sebagai media kreatifnya. Karyanya adalah multidisiplin, menggabungkan kinerja dan film sebagai kendaraan yang digunakan untuk lebih menjelajahi potensi simbolis dan estetika dari bahan yang digunakan dalam patung itu. Karya Knoetze ini berkaitan dengan kaburnya batas antara tubuh dan objek sebagai produk dari budaya yang digerakan konsumerisme. Karyanya mengeksplorasi personifikasi benda-benda dan mengobjekkan manusia.

Francois telah ikut serta dalam berbagai festival, di antaranya Cape Town Art Fair (2014), Art Week Cape Town (2014), The National Arts Festival Main Program (2012, 2014), The Absa L’Atelier exhibition (2011), and The Sasol New Signatures Exhibition (2011 & 2013).