Comuna under construction

Comuna under construction

Comuna under construction

94 menit
Video Kanal Tunggal
Austria/Jerman/Venezuela, 2010

Perwakilan Rakyat adalah elemen utama dari “Comuna Under Construction,” dimana film ini diawali oleh Dewan Perwakilan (Consejo Comunal) Emiliano Hernández, yang terletak di salah satu pemukiman kumuh di Caracas. Adegan ini kemudian beralih kepada keinginan masyarakat untuk membentuk komunitas (Comunas) dan sebuah komunitas kota di pinggiran Barinas, yang berakhir di Petare, sebuah pemukiman kumuh raksasa di kota Caracas, dimana terdapat 29 Dewan Perwakilan yang ingin membentuk Komunitas Maca (Comuna of Maca).

Apakah mungkin untuk menyatukan seluruh daerah dan otoritas otonomi? Masingmasing kepala Dewan Perwakilan memiliki pengalaman positif dan negatif terhadap insitusi yang diperbincangkan. Di Petare, aktivis pro-rakyat Yusmeli Patiño menuding seorang pejabat pemerintah, dengan pernyataannya: “Kita kehilangan kredibilitas karena ketidak mampuan institusi pemerintahan.” Tetapi ada juga beberapa anggota institusi yang berusaha keras dalam mendasari keputusan yang diambilnya. Hubungan antara rakyat dengan institusi ini ditandai dengan banyaknya kerjasama dan konflik, tetapi Consejos Comunales juga memiliki masalah internal; dimana partisipasi harus dipelajari.

Baik kemajuan dan hambatan dalam usaha ini mewarnai proses yang sulit bagi mereka yang mengambil keputusan untuk menentukan kehidupan dan lingkungannya sendiri.

Dario Azzellini

Penulis ulung yang fokus pada isu-isu sosial dan revolusioner militan, migrasi dan rasisme, ekonomi kerakyatan, kontrol buruh, dan lain-lain di Amerika Latin. Buku-bukunya telah diterbitkan di berbagai Negara, salah satunya buku La Empresa Guerra yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh Insist Press, Yogyakarta (2007). Tinggal dan bekerja di Berlin, Jerman, dan Caracas, Venezuela.