Contingent Propositions

Contingent Propositions

Contingent Propositions

Cetak Digital
Republik Ceko, 2013

Baladrán menggunakan materi-materi dari dua surat kabar lokal bangsa Ceko dan Slowakia—Rudé právo (1971—1989) yang mewakili gagasan sayap kiri, dan Lidové noviny (1989—2008) yang mewakili gagasan sayap kanan. Baladrán membuat semacam catatan pinggir (dalam bentuk visual) untuk memetakan wacana yang diwariskan oleh dua ideologi yang berkembang hingga sekarang dan saling bertentangan itu. Foto-foto dari material kedua surat kabar itu disusun sejajar secara horizontal, dicetak (print), lantas ditempelkan ke dinding ruang pamer sebagai karya instalasi, melintasi setiap sisi dinding, celah pintu dan jendela.

Karya ini hadir sebagai sketsa atau kunci yang dapat membantu mengidentifikasi wujud, bentuk, dan posisi dari kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa depan—suatu kondisi era pasca kegawatan ekonomi di ruang lingkup pasar global, pada penghujung abad 21, yang ditandai oleh Krisis Ekonomi tahun 2008.

Sebagaimana tradisi mengkliping konten surat kabar, Baladrán memancing kita untuk menelusuri ruang-ruang yang dalam keadaan tertentu, (seiring konteks sosial, ekonomi dan politik) terbatasi oleh tegangan-tegangan kultural yang ada di masyarakat. Mendayakan estetika seni, catatan pinggir Baladrán ini merupakan sebuah gumaman naratif yang berubah fungsi menjadi semacam panduan visual terhadap dunia yang diruangkan oleh beragam faktor yang menentukan perkembangan sistem sosial dan ekonomi.

Zbyněk Baladrán
Seorang penulis, seniman, sekaligus kurator. Belajar sejarah seni di Charles University, Philosophical Faculty (1992-1996), melanjutkan studi komunikasi visual di Prague Academy of Fine Arts (1997-2003) di Praha, Republik Ceko. Dia adalah salah satu pendiri dan kurator Galerie Display yang didirikan di Praha pada 2001 yang kemudian digabungkan dengan tranzit.cz pada 2007 menjadi tranzitdisplay. Bersama Vit Havranek mengkuratori proyek penelitian Monument to Transformation selama tiga tahun yang kemudian dipamerkan keliling Eropa. Baladrán juga bagian dari tim kurator tranzit.org untuk Manifesta 8 di Murcia Spanyol (2010).