COOKING SECTIONS

COOKING SECTIONS
UNDER THE SEA THERE IS A HOLE
2015
Instalasi
5 meja makan terbuat dari kayu lapis, penjepit, kawat
Dimensi bervariasi

 

 

Cooking Sections (2012, Inggris)
Sejak 2012, duo seniman Cooking Sections (Alon Schwabe and Daniel Fernández Pascual) dari London banyak mengeksplorasi sistem-sistem dibalik kerjanya dunia lewat sudut pandang makanan. Dengan instalasi, performans, pemetaan, serta video, praktik berbasis penelitian mereka menjelajahi batasan yang tumpang tindih antara seni rupa, arsitektur, dan geopolitik.
Cooking Sections menjadi bagian dari Paviliun Amerika Serikat pada 2014 Venice Architecture Biennale. Karya mereka sempat dipamerkan di 13th Sharjah Bienniale, Neue Nationalgalerie Berlin, Peggy Guggenheim Collection, TEDx Talks Madrid, Biennale INTERIEUR Kortrijk 2014, dan banyak lainnya. Cooking Sections juga menjadi bagian dari Oslo Architecture Triennale 2016 dan Brussels ParckDesign 2016.
Pada tahun 2016, mereka membuka The Empire Remains Shop (http://empireremains.net)

Karya Instalasi Under The Sea There Is A Hole berbicara tentang ribuan lubang runtuhan (sinkholes) di sepanjang garis pantai Laut Mati, Yordania, Israel.

Lubang-lubang tersebut terjadi karena berkurangnya kadar garam di air Laut Mati serta penurunan permukaan air dengan cepat. Air tawar dari gunung meresap ke bawah tanah, sehingga akhirnya lapisan atas tanah runtuh dan menyebabkan sekitar 4000-an lubangmuncul dalam 20 tahun terakhir.

Fenomena ini disebabkan oleh pembangunan bendungan di sepanjang Sungai Yordan, sumber air tanah yang hilang akibat perkebunan kurma di Palestina, serta ekstraksi mineral untuk pembuatan kolam penguapan.

Dalam karya ini, terdapat 5 buah meja yang permukaannya dilubangi mengikuti pola yang menggambarkan lubang-lubang runtuhan sepanjang garis pantai Laut Mati. Meja-meja ini sengaja dibuat tidak nyaman untuk menyantap makan, karena sulit menaruh piring di atasnya. Posisi meja juga tidak stabil, karena kondisinya terus berayun. Ketidaknyamanan ini sepertinya mewakili apa yang dirasakan Cooking Sections saat melihat langsung lubang-lubang runtuhan Laut Mati, serta saat mengetahui penyebab terjadinya.

Cooking Sections juga akan berkolaborasi dengan Rahung Nasution untuk mengadakan pertunjukan makan malam pada pertengahan Oktober dan awal November 2017, dan meja-meja ini akan menjadi tempat perjamuannya.