Dekadensi

Dekadensi

Dekadensi

13 menit 3 detik
Video Kanal Tunggal
Indonesia, 2015

Stasiun TVRI adalah salah satu corong andalan rezim Orde Baru. Melalui media inilah, pemerintah saat itu menerapkan Politik Imagologi. TVRI menjadi peran sental teknologi informasi dalam membentuk berbagai citra sebagai bagian dari aktivitas atau strategi politik saat itu. Dalam pengertian lain, mempolitisasi citra untuk satu kepentingan tertentu. Politik terus berjalan hingga runtuhnya rezim ini pada1998.

Salah satu hal yang penting dalam siaransiaran televisi saat itu adalah kekuatan narasi yang dibacakan oleh pembaca berita. Di sini, pembawa berita mewakili sudut pandang pemerintah dalam melihat persoalan yang menjadi pemberitaan. Nastasha Abigail & Raslene, duo seniman muda Jakarta yang besar sesudah Reformasi mencoba bermain hanya dengan estetika visual berita-berita TVRI. Apakah kekuatan politik imagologi dapat bekerja jika seandainya suara narasi dihilangkan dan visual imagologi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dekadensi bukanlah upaya mendekonstruksi, tetapi lebih bermain pada kepercayaan sang pembuat terhadap visual yang diproduksi oleh televisi pemerintah ini.

Nastasha Abigail

Sarjana komunikasi lulusan jurnalistik Universitas Pelita Harapan (2009) ini merintis karirnya sebagai penyiar radio sejak 2007. Selain sebagai penyiar, Abigail juga seorang vokalis latar band indie-rock, Pandai Besi. Ia juga aktif sebagai seniman yang banyak menggunakan unsur performativity di dalam karya-karyanya.