Démontable

Démontable

Démontable

12 menit 3 detik
Video Kanal Tunggal
Belanda, 2014

Démontable menyerang ruang domestik kita dengan proyeksi miniatur dari dunia luar. Sebuah film yang menghibur. Menampilkan narasi mengenai hubungan absurd kehidupan sehari-hari dengan berita global yang sedang beredar. Démontable mengeksplorasi percampuran keganjilan atas realitas-realitas yang dihadirkan secara bersamaan: serangan helikopter merusak koran, sementara itu piring makanan mendapatkan serangan dari pesawat tanpa awak (drone).

Berita hoax menjadi perbincangan dewasa ini. Terutama kasus-kasus atau peristiwa perang yang terjadi pasca berakhirnya Perang Dingin. Démontable memparodikan bagaimana ‘dapur’ manipulasi berita kekerasan (perang) dan propaganda bekerja. Bagaimana teknologi digital memiliki peluang besar manipulasi dalam sifat produksi dan distribusinya. Memanipulasi kenyataan dengan teknologi greenscreen dan menghadirkan representasi ukuran miniatur mainan pada waktu yang  bersamaan.

Démontable adalah upaya memahami realitas yang kita hadapi saat ini dengan bermain-main bersama tokoh kekerasan tersebut. Dalam film ini, kritik terhadap media, situasi politik dunia, dan batasan-batasan privasi manusia ditampilkan dengan selera humor yang provokatif dan mengejutkan.

Douwe Dijkstra

Seorang seniman video dan
pembuat film. Sebagai seniman individual, ia sering
berpartisipasi dalam proyek-proyek eksperimental,
video musik, film pendek, sampai instalasi video,
dan teater. Bersama Jules van Hulst dan Coen
Huisman, mereka mendirikan 33 Collective. Sebuah
kelompok seniman visual yang mencoba memperluas
area individual karya mereka dan mengeksplorasi
penggunaan multimedia, proyeksi, serta performans
untuk menceritakan berbagai hal. Pada 2006, Douwe
Dijkstra turut menginisiasi terbentuknya Festina Lente
Collective. Salah satu karya bersamanya adalah video
musik berjudul Beguine karya Dutch Band The Kift.