Eastman of Mr east on east

Eastman of Mr east on east

Eastman of Mr east on east

Instalasi Film Super 8 dalam Layar Tampil, dengan Foto-Foto & Dokumen
Indonesia, 2015

Menurut catatan dan kesaksian yang beredar secara tidak resmi, dalam kasus penembakan lima jurnalis Australia di Balibo, Timor Leste tahun 1975, disebutkan bahwa semua kamera dan film yang dibawa oleh jurnalis tersebut sudah musnah dibakar. Pasca insiden tersebut, seorang jurnalis Australia lain bernama Roger East pergi ke Timor Leste untuk melakukan penyelidikan. Setelah dua bulan penyelidikan, Roger East ditangkap, ditembak, dan jasadnya tidak pernah ditemukan.

Film dalam karya ini adalah rekaman asli yang sempat naik tayang di televisi Australia, digabungkan dengan cuplikan film Balibo Five yang dilarang beredar oleh pemerintah Indonesia. Karya ini merupakan reenactment dari alternate history yang bisa jadi muncul dari insiden Balibo-East. Karya ini mencoba berbicara bagaimana negara tidak pernah benar-benar melakukan penyensoran informasi. Praktek pengarsipan tetap berjalan sesuai kebutuhan internal sebuah rezim. Tujuannya antara lain adalah pengkajian strategi pengawetan kekuasaan di masa mendatang. Hingga ketika rezim tersebut runtuh, arsip beredar dalam berbagai pola. Mulai dirilis formal sebagai instrumen reformasi dan rekonsiliasi, hingga beredar dalam kanal-kanal alternatif yang keabsahannya menjadi obyek tarik-menarik kepentingan. Pola macam ini lazim muncul di kanal-kanal semacam Wikileaks atau IndoCropCircles.

Rizki Lazuardi

Menyelesaikan pendidikan di Jurusan Komunikasi Massa, FISIP Universitas Diponegoro pada 2007. Di tahun yang sama, Rizki juga mendapatkan fellowship dari Yayasan Kelola, dan kemudian Berlinale Talent Campus for Visual Art di Jerman pada 2009. Selain bekerja untuk Goethe-Institute Jakarta, Rizki aktif sebagai kurator dalam berbagai pameran video dan seni media di Indonesia dan luar negeri. Berturut-turut, tahun 2011 dan 2013 menjadi salah satu kurator festival OK. Video. Ia juga seorang seniman aktif yang karyanya telah dipamerkan di OK. Video Comedy – 4th Jakarta International Video Festival 2009 dan ARTE-Indonesia Art Festival 2014. Rizky tinggal dan bekerja di Jakarta. Ia anggota Lab Laba Laba.