Goran

Goran

Goran

10 menit 38 detik
Video Kanal tunggal
Kanada, 2014

Karya yang menguliti pandangan Goran Gostojić—pemuda berkebutuhan khusus yang tinggal di Novi Sad mengenai nuansa yang menggema di antara kesukacitaan dan keputusasaan, antara ketakutan dan keberanian, antara pemahaman personal dan publik. Film ini merekonstruksi narasi yang dituturkan oleh Goran melalui bidikan kamera yang terasa begitu intim. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh seseorang yang tidak diketahui namanya— dapat kita duga pertanyaan itu berasal dari sudut pandang Roberto Santaguida sebagai pembuat film membuat kita menyimak cerita Goran tentang keluarga, temanteman, dan aktivitasnya. Kita memengaruhi kenyataan sebagaimana dunia membentuk pribadi kita; karya ini sebuah investigasi tentang diri dan dunia di sekitar kita.

Bidikan kamera yang merekam percakapan yang terkesan menitiktemukan pertentangan dua pengalaman ini antara Goran dan pemegang kamera—menuntun mata kita untuk menelusuri sebagian segi dari Novi Sad, sebuah kota administratif yang menjadi salah satu pusat aktivitas dan perkembangan industri, keuangan dan budaya di Serbia. Konstruksi naratif dari pengalaman Goran seakan menjadi kunci yang dapat membuka pintu untuk mengamati karakteristik masyarakat komunal. yang masih akan terus berkembang, dalam pola pembangunan, yang sedikit banyak, terbentuk oleh dinamika konflik masa lalu yang memengaruhi keberadaan kota itu hari ini.

Roberto Santaguida

Sutradara film eksperimental dan dokumenter sejak tamat sarjana Seni Murni dari Montreal Concordia University (2004). Bagian pertama film dokumenter berjudul Tetralogy of Miraslava diputar lebih dari 120 festival film internasional, antara lain di Copenhagen International Documentary Film Festival (CPH: DOX), Copenhagen/Denmark, Kassel Documentary Film and Video Festival, Kassel/Germany. Dia juga menerima enam penghargaan dari film tersebut. Pada tahun 2010 dia menerima penghargaan dari K.M. Hunter Artist Award.