Komikazer Orde Baru

Komikazer Orde Baru

Komikazer Orde Baru

Ilustrasi Digital
Indonesia, 2015

Muhammad Reza atau lebih dikenal Azer selalu menggunakan media sosial instagram (@komikazer) sebagai galeri distribusi karya-karya ilustrasi digital satu strip. Mengikuti tradisi ilustrasi media massa cetak, ilustrasi satu strip Azer dalam dunia virtual pun kental dengan humor kritik yang satir. Penggunaan media sosial di internet sebagai media distribusi ilustrasi digital telah memungkinkan terjadinya interaksi atau tanggapan dari pengguna lain. Galeri virtualnya telah menjadi ruang diskusi dan berpendapat.

Azer tidak pernah jauh-jauh menggunakan subyek pengkisah atau tokoh di dalam ilustrasinya. Ia merelasikan tokoh-tokoh dengan dirinya sendiri atau orang-orang dekat di sekitarnya. Isu-isu keseharian yang diangkatnya mencoba mewacanakan kembali isu-isu sosial-politik populer dan subkultur yang hidup sejak masa pemerintahan Orde Baru hingga hari ini. Ilustrasi digital Azer secara tidak langsung mengkritik konsep kebudayaan nasional yaitu ‘puncak-puncak kebudayaan daerah’ yang di masa Orde Baru dilegitimasi menjadi identitas bangsa.

Muhammad 'Azer' Reza

Dalam dunia virtual dikenal sebagai Komikazer. Lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual di Institut Kesenian Jakarta ini terlibat bersama beberapa komunikus ibukota dalam proyek Komik Metropolis Gadungan Menyertai Anda tahun 2004 di ruangrupa. Tahun 2012, ia terlibat dalam proyek fotografi Top Collection 3. Setahun kemudian membuat kartun untuk Berkas, terbitan berkala Jakarta Biennale XV. Sejak internet merajalela di Indonesia, komikus ini memutuskan untuk merambahkan karya-karyanya di dunia virtual. Namun sesekali tetap terlibat dalam pameran-pameran di galeri dan ruang publik.