Liberation Or…

Liberation Or…

Liberation Or…

11 menit 42 detik
Video Kanal Tunggal
Republik Ceko, 2013

Karya ini adalah salah satu hasil komisi untuk Paviliun Republik Ceko dan Slowakia pada Venice Biennale ke-55. Karya yang secara kritis dan subjektif merefleksikan aspek kultural dan historis dari wacana seni, di mana wacana itu, sebagian besar, dibangun dalam kerangka institusional. Ia memontasekan arsip-arsip (footages dan images) yang dikumpulkan, diiringi narasi yang diucapkan secara puitik. Baladrán menggali esensi hubungan tarik-menarik antara materi-materi dan nilai-nilai kemanusiaan, melalui pemetaan terhadap hal-hal yang memiliki konteks dengan aktivitas pusat seni kontemporer. Dalam narasinya, si seniman menegaskan bahwa kesadaran untuk menggali makna baru dari peradaban hanya akan dapat dilihat melalui suatu pendekatan historis yang memprioritaskan perhatian pada struktur sejarah jangka panjang—longue durée. Di situ, kesadaran adalah manifestasi dari perlawanan terhadap tirani otoritas.

Meletakkan gagasan komunisme sebagai fondasi dari seluruh hubungan sosial dan dasar ontologis sosialitas, karya ini pun menanyakan ulang kodrat film sebagai fungsi pembebasan yang memiliki arti bagi manusia. Sehubungan dengan konteks Orde Baru di Indonesia, karya ini memancing sintesa dari benturan-benturan yang terjadi antara ‘pengalaman organik masyarakat’ dan ‘daya kekuatan institusional’. Memetaforakan keberadaan manusia sebagai suatu hal yang mengendap di dasar lautan jaringan relasional sosiokultural. Karya ini mengkritisi keberadaan-keberadaan hari ini sebagai kunci untuk mengungkap masa lalu dalam rangka mengungkai masa depan.

Zbyněk Baladrán

Seorang penulis, seniman, sekaligus kurator. Belajar sejarah seni di Charles University, Philosophical Faculty (1992-1996), melanjutkan studi komunikasi visual di Prague Academy of Fine Arts (1997-2003) di Praha, Republik Ceko. Dia adalah salah satu pendiri dan kurator Galerie Display yang didirikan di Praha pada 2001 yang kemudian digabungkan dengan tranzit.cz pada 2007 menjadi tranzitdisplay. Bersama Vit Havranek mengkuratori proyek penelitian Monument to Transformation selama tiga tahun yang kemudian dipamerkan keliling Eropa. Baladrán juga bagian dari tim kurator tranzit.org untuk Manifesta 8 di Murcia Spanyol (2010).