LUINAMBI VESIANO

LUINAMBI VESIANO
FOOD AROUND US
2017
Cetak Foto Digital

 

 

Luinambi Vesiano (1991, Indonesia)
Luinambi Vesiano, atau Ves, adalah seorang desainer komunikasi visual di Yogyakarta. Beberapa tahun lalu, Ves terlibat dalam festival desain Diskomfest 6 “Future Food”. Sejak itu, ia menekuni isu seputar pangan.
Ves tertarik pada bagaimana menghasilkan pangan dengan cara yang paling sederhana dan dengan bahan baku yang paling mudah didapat. Untuk menyampaikan gagasannya, Ves biasa menggunakan metode desain komunikasi visual.
Bersama teman-temannya, Ves mengumpullkan pengetahuan tentang nutrisi pada pangan liar, lalu dikembangkan menjadi sebuah buku berjudul Food Around Us. Ia juga sedang bereksperimen dengan buah dan bunga yang memiliki ragi alami dan membuat minuman yang ia sebut “soda liar”.

Food Around Us merepresentasikan potensi tumbuhan liar sebagai sumber pangan di perkotaan menggunakan fotografi.

Daya tarik pangan liar yang berada di tanah yang terbengkalai, misalnya, bisa dipanggungkan dengan teknik fotografi.

Berbekal pengetahuan dari para penggiat tumbuhan liar serta internet, Ves mendapati bahwa tumbuhan liar merupakan sumber pangan yang sama layaknya dengan bahan makanan yang tersedia di pasar. Ves juga menyadari bahwa pemilihan menu serta resep dari tanaman liar adalah hal penting dalam menyampaikan pesan bahwa tanaman liar sebenarnya punya fungsi lebih besar dari yang kita kira.