MARK SANCHEZ

MARK SANCHEZ
SANITY MAPPING (VARIASI 5 & 6)
2017
Instalasi cat akrilik dan gambar kain terpal pada papan kertas.

 

Mark Sanchez (1987, Filipina)
Mark Sanchez adalah seorang seniman yang tinggal dan berkarya di Quezon City, Filipina. Sanchez memperoleh sarjana seni dari University of the Philippines Diliman.
Karya-karyanya adalah kumpulan obyek, gambar, dan/atau informasi. Dia menciptakan representasi identitas, nilai-nilai masyarakat melalui sistem klasifikasi-semu yang ia ciptakan sendiri.

Sanity Mapping (Pemetaan Kesehatan Jiwa) adalah sebuah proyek yang sedang berlangsung yang mengklasifikasi dan mendiagnosa tokoh masyarakat, tokoh mitos, bahkan merek makanan/minuman tanpa standar metode yang benar-benar ilmiah. Sang seniman hanya mencocokan kisah ikon dengan penelusuran di internet dengan buku pedoman kesehatan berjudul ICD-10.

Sanchez memelajari klaim, dugaan, serta pendapat tentang tokoh-tokoh tersebut di internet. Sanchez kemudian “mendiagnosa” dan mencocokan perilaku para tokoh dengan penyakit-penyakit yang ada dalam ICD-10. Alat identifikasi ICD-10 sendiri adalah revisi ke-10 dari pedoman klasifikasi penyakit dan masalah kesehatan yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO).

Kumpulan data tersebut lalu dipetakan menjadi dua buah diagram lingkaran dengan diameter masing-masing 3,6 meter. Diagram ini merupakan representasi dari diagnosis intuitif seorang Mark Sanchez terhadap ratusan ikon.