Memorial of an Inquiry

Memorial of an Inquiry

Memorial of an Inquiry

Instalasi Video Tiga Kanal
Filipina, 2014

Bermain dengan arsip dalam sebuah karya adalah cara seniman mempertanyakan fakta sejarah. Kadang, mereka memanipulasinya untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi arsip itu sendiri. Idenya adalah merenungkan masa lalu untuk memahami konsep yang belum dipahami secara utuh, bahwa sejarah mengandung informasi atau muatan politik yang melekat dengan bias dan memori manusia.

Arsip ini bercerita tentang suku Tasaday. Sebuah hoax di tahun ‘70-an yang merupakan propaganda pemerintah Marcos untuk mengalihkan perhatian masyarakat dari realitas atas persepsi dunia terhadap Filipina saat itu. Arsip ini dipresentasikan dalam serangkaian set rekonstruksi, reinterpretasi, dan pemeriksaan ulang melalui bahasa sinema dalam tiga layar. Arsip dihadirkan ulang dari ruang penyimpanan, memberi kemungkinan kita untuk mengubah pemahaman atas sebuah persoalan. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah benar Tasaday sebuah tipuan? Atau gagasan penipuan itu sendiri adalah tipuan? Jadi, di manakah kebenaran? Jawabannya, mungkin terletak di antara fiksi dan fakta yang saling tumpang tindih untuk mendapatkan perhatian.

Jan Patrick D. Pineda

Jan Patrick Pineda adalah seniman yang berdomisili di Manila. Karyanya merupakan intervensi berbasis gambar yang menyelidiki modal, memori, dan kontrak sosial. Ia juga merupakan salah satu pendiri Disclab Research and Criticism (discussionlab.com) dan bekerja sebagai editor desain dan foto di sana. Ia juga anggota dari Thousandfold.org.