MINJA GU

MINJA GU
THE AUTHENTIC QUALITY
2014
Instalasi Berbagai Media

 

Minja Gu (1977, Korea Selatan)
Minja Gu tinggal dan bekerja di Seoul. Pamerannya yang terbaru adalah C as in Curry S as in Seen, Marion de Cannier Art Space, Antwerp; Who’s Who, Waley Art, Taipei (keduanya pada 2016); And No Matter What The Phone Rings, 6th Moscow Biennial (2015). Gu pernah melakukan residensi di Hangar, Barcelona (2008), ISCP, New York (2011), HISK, Gent (2015-16) dan baru-baru ini di Gasworks di London.
Karya-karya Minja Gu terkesan rapuh dan intim, hampir tidak dapat dibedakan dengan kehidupan sehari-hari. Menggunakan bahan sehari-hari, Minja Gu menciptakan karya-karya puitis, humoris, dan mempesona yang diawali dengan sejumlah pertanyaan dari beragam fenomena serta objek-objek di dunia.

Gu merasa asing bukan dengan bahan-bahan dari budaya yang berbeda, namun dengan penggambaran makanan instan di pasar Korea, seperti ramen, kecap, mie, dan kari. Gu menyadari bahwa bahan-bahan makanan yang biasanya ia kenal menjadi tampak asing ketika ia mengamati kemasan- kemasan tersebut. Oleh karenanya, ia menyiapkan sebuah pengalaman budaya yang berbeda melalui representasi berbagai makanan, sembari menelusuri keasingan makanan tersebut.

Gu memilih produk populer, makanan yang kemasannya dikenal baik, serta produk yang menggambarkan perubahan budaya makanan Korea sebagai representasi. Ia mengejawantahkan gambar-gambar menggoda di kemasan-kemasan makanan menjadi gambar-gambar di area pameran.