Narpati Awangga dan Taman Mini

Narpati Awangga dan Taman Mini

Narpati Awangga dan Taman Mini

60 menit
Video Kanal Tunggal
2015

Taman Mini Indonesia Indah menjadi monumen penting bagi narasi sejarah kejayaan pemerintah Orde Baru. Dengan mengecilkan kepulauan Indonesia menjadi anjungan-anjungan dan diorama-diorama, Indonesia dapat dikunjungi hanya dalam satu hari. Taman ini dibuka tahun 1975. Taman yang menjadi tujuan wisata belajar bagi pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Di taman ini, semua warga Indonesia memiliki memori dengannya, di situlah mereka mempelajari identitas kebangsaan dan kebudayaan Indonesia versi narasi resmi pemerintah dengan interaktif.

Narpati Awangga dan Taman Mini, sebuah film yang mengangkat memori masa kecil personal yang dimiliki oomleo–pemilik nama asli Narpati Awangga. Pada karya ini, narasi yang diungkap oomleo bukanlah narasi primer tentang Taman Mini Indonesia Indah, melainkan narasi sekunder yang cenderung ajaib yang lahir akibat keintimannya dengan taman itu. Mengandalkan ingatan, oomleo mencoba menelusuri jejak-jejak masa kecil bersama ayahnya dari satu ruang ke ruang lain. Ia merekonstruksi sejarahnya yang juga dimiliki warga Indonesia lainnya.

oomleo
Bernama asli Narpati Awangga. Kuliah di Jurusan Seni Grafis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Bergabung dengan ruangrupa sejak tahun 2003. Kemudian, membuat proyek band elektro pop, Goodnight Electric setahun kemudian. Ia seorang seniman grafis yang menekuni pixel art. Pameran tunggalnya, PROJECT No 11, Bits and Pix diselenggarakan di Platform3-Bandung (2012). Di sela-sela kesibukannya mengurus radio online www.rururadio.org, ia aktif mengikuti pameran seni media internasional. Tahun 2014, ia terlibat dalam pameran Media Art/Kitchen: Politics of Humor and Play yang diadakan di Aomori Contemporary Art Center, Jepang.