NOORDERLICHT & ruangrupa

NOORDERLICHT & ruangrupa
NOORDERLICHT & ruangrupa
KISAH MANIS DAN GETIR GULA: Foto-Foto Sejarah Indonesia
2017
Foto-foto Arsip, Instalasi Video

 

 

ruangrupa (2000, Indonesia)
ruangrupa adalah sebuah organisasi seni rupa kontemporer yang didirikan pada 2000 oleh sekelompok seniman di Jakarta, yang bergiat memajukan gagasan seni rupa dalam konteks urban dan lingkup luas kebudayaan, melalui proyek seni, pameran, festival, laboratorium seni rupa, lokakarya, penelitian, serta penerbitan buku, majalah dan jurnal.

 

Noorderlicht (1991, Belanda)
Noorderlicht mencurahkan perhatiannya pada fotografi dunia fotografi dengan cara mengorganisir festival fotografi tahunan, memprogram berbagai pameran di galerinya, mengorganisir berbagai penugasan kepada para fotografer dan dengan mensponsori beragam kegiatan untuk memperluas pemahaman, keterampilan serta apresiasi dalam bidang fotografi, seperti kegiatan diskusi, kuliah umum dan master class. Noorderlicht juga menerbitkan berbagai buku dan katalog fotografi berkualitas tinggi.

Peta pabrik-pabrik dan perkebunan gula di Jawa pada awal abad 20, serta lokasi geografis studio-studio foto komersil di pulau tersebut menunjukkan bahwa keduanya saling terkait. Hal ini menguatkan asumsi bahwa dalam periode tersebut, kemakmuran industri gula juga menggerakkan industri fotografi.

Keterkaitan tersebut menjabarkan kondisi sosial-ekonomi yang membentuk industri fotografi di koloni Hindia-Belanda. Pada saat yang sama, keterkaitan ini juga menjelaskan peran penting industri fotografi dalam penciptaan dan peredaran pencitraan koloni, baik di Hindia Timur maupun di Belanda.

Walau awalnya dipesan oleh kaum industrialis sebagai tanda kesuksesan mereka, pencitraan yang diperkuat oleh foto-foto tersebut seakan mempertegas kondisi koloni Hindia Belanda. Hal ini ditunjukkan dari beredarnya tema-tema yang mirip dalam album berbeda, dan hadirnya pembuatan foto untuk konteks dan tujuan berbeda.

Kini, album-album foto tersebut menjadi bahan utama para kurator dan akademisi untuk melihat praktek kolonial Belanda.

Selain foto-foto bersejarah, instalasi “The Sweet And Sour Story of Sugar” di OK. Pangan juga terdiri dari dua video karya dua seniman Indonesia: Nastasha Abigail Koetin (berjudul Padoean Soeara) dan Raslene (berjudul Bleach). Kedua video tersebut adalah hasil dari workshop video yang diadakan ruangrupa pada 2012 berjudul “Sugar Fiction.”

Di tahun yang sama, ruangrupa berkolaborasi dengan Noorderlicht dan mengundang sejumlah seniman untuk merespon foto-foto sejarah arsip perdagangan dan industri gula di Jawa. Hasil kolaborasi tersebut kemudian disajikan di tahun yang sama, dalam eksebisi berjudul Sugar Town, Inc. di Jakarta.