Sambung Rasa

Sambung Rasa

Sambung Rasa

Video Interaktif
Indonesia, 2015

Museum Penerangan dibangun pada 1993 oleh Presiden Soeharto. Salah satu museum penting penanda kejayaan pemerintahan Orde Baru. Museum ini menyimpan koleksi arsip perkembangan sejarah penerangan sejak pergerakan nasional hingga Indonesia modern. Berbeda dengan Museum Telekomunikasi, yang juga dibangun di kawasan Taman Mini Indonesia Indah yang menghadirkan perkembangan sejarah informasi dan telekomunikasi dari sudut ilmu pengetahuan (sains), Museum Penerangan lebih menekankan penggunaan teknologi media informasi dan telekomunikasi seperti, film, televisi, radio, dan media massa cetak sebagai alat penerangan masyarakat, beserta sejarah tokoh-tokoh di baliknya.

Sambung Rasa adalah sebuah usaha mengaktifkan kembali koleksi Pidato Kepresidenan Soeharto dan Kementerian Harmoko milik Museum Penerangan yang beroperasi langsung di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika. Karya interaktif ini mencoba mengajak pengunjung pameran untuk mereka ulang beberapa pidato, sambutan, pengarahan, dan ceramah terpilih. Kesadaran akan kepemilikan suara dan bahasa, serta kapasitas sebagai seorang propagandis pun digarisbawahi. Karya ini akan bermain dengan pengetahuan, ingatan, dan fantasi bagaimana menjadi seorang propagandis.

Dengan kepercayaan terhadap ruangwaktu sebagai bahan mentah yang bisa terus diolah dan pandangan terhadap manusia sebagai pengguna (bukan cuma penonton) dari karya-karya mereka, Farid Rakun mendirikan studio murtad-disiplin Biro Arsitek pada 2015. Lewat pola praktik kolaboratif dan kolektif yang menakdiri arsitektur sebagai sikap dasar berkesenian mereka, Biro Arsitek lebih jauh merayakan arsitektur sebagai sebuah disiplin ilmu, bukan lagi sekadar profesi yang hadir hanya demi memenuhi tuntutan pasar.