Simposium—Cara Orde Baru Menciptak(e)n Manusia Indonesianya

Simposium—Cara Orde Baru Menciptak(e)n Manusia Indonesianya

Simposium—Cara Orde Baru Menciptak(e)n Manusia Indonesianya

Simposium
Indonesia, 2015

Lima puluh tahun yang lalu, Orde Baru muncul sebagai kekuatan baru di Indonesia. Kemudian, tujuh belas tahun yang lalu ia jatuh. Kenapa kemunculan Orde Baru dikatakan lima puluh tahun yang lalu? Padahal kita tahu Soeharto baru benar-benar berkuasa pada 1968? Karena secara simbolik, Orde Baru sudah memunculkan dirinya pada 1965. Simbolisasi kemunculannya ditandai oleh peristiwa direbutnya RRI oleh pasukan Soeharto dari tangan Untung Cs. Bisa dikatakan, penguasaan atas teknologi informasi adalah langkah awal Orde Baru menancapkan kukunya di Indonesia.

Simposium ini adalah bincang-bincang fragmentaris tentang Orde Baru, kerjasama OK. Video Festival dan IndoPROGRESS. Mengangkat “Cara Orde Baru Menciptak(e)n Manusia Idonesianya” sebagai tema besarnya. Tema besar ini, akan menyoroti tiga hal yang dibagi dalam empat panel. Simposium akan dibuka dengan orasi dari  keynote speaker yakni Seno Gumira Adjidarma. Keynote speaker akan berbicara tentang imajinasi Orde Baru tentang manusia Indonesia dan negara Indonesia kala itu, latar belakang pemikiran dari imajinasinya, serta bagaimana Orde Baru mengejawantahkan imajinasi itu dalam sendi-sendi kehidupan sehari-hari dan praktis.

IndoProgress

Memiliki jargon ‘Media Pemikiran Progresif’, sebuah jurnal online yang didasari gagasan jurnalisme warga yang terbuka pada keragaman perspektif dan pemikiran, bertukar gagasan dan pengalaman masyarakat khususnya ranah politik dan sosial sebagai wacana tandingan terhadap sejarah rekaan penguasa dan media arus utama. Selain sebagai media online, IndoPROGRESS juga terlibat dalam perhelatan-perhelatan publik. Tahun 2014 lalu, memoderasi diskusi film Alexander Kluge, Das Kapital’ (Nachrichten aus der ideologischen Antike: Eisenstein – Marx – Das Kapital) dan pada perayaan Hari Buruh 2015, mereka mengkuratori program pemutaran film Buruh Dalam Film yang bekerjasama dengan Kineforum.