Songspiel Triptych 2008-2010

Songspiel Triptych 2008-2010

Songspiel Triptych 2008-2010

Perestroika Songspiel. Victory over the Coup 2008. 26’ 23”
Partisan Songspiel. A Belgrade Story 2009. 29’ 27”
Tower Songspiel 2010. 36’ 52”

Video kanal tunggal
Rusia, 2008-2010

Songspiel Triptych merupakan proyek Chto Delat yang dikerjakan rentang 2008-2010. Film musikal ini terbagi menjadi tiga bagian: Perestroika Songspiel. Victory over the Coup, Partisan Songspiel. A Belgrade Story, dan Tower Songspiel. Ketiga seri ini mencoba membicarakan bagaimana proses demokrasi pasca runtuhnya Uni Soviet di awal ’90-an.

Perestroika Songspiel. Victory over the Coup (2008. 26’ 23”)
Film ini mengungkapkan aksi-aksi setelah kemenangan kudeta pihak restorations pada 21 Agustus 1991. Demokrasi menang mutlak—hal yang belum pernah terjadi di Uni Soviet. Film ini mencoba mengungkap dan menjawab pandangan para ‘pahlawan’ di era Perestroika tentang masyarakat saat ini.  Paduan suara dihadirkan sebagai wujud kelahiran kembali pendapat publik yang dulu dibungkam oleh para ‘pahlawan’ ini. Paduan suara berhadapan langsung dengan lima tipikal ‘pahlawan’ yang merasa berperan dalam sejarah; seorang demokrat, pengusaha, revolusioner, nasionalis, dan feminis. Memaksa para ‘pahlawan’ itu untuk memandang kembali proses terbentuknya hari ini.

Partisan Songspiel. A Belgrade Story (2009. 29’ 27”)
Film ini membahas pesan politik yang lebih universal tentang keberadaan penindas dan tertindas: dalam hal ini, pemerintah kota, pencatut perang dan konglomerat bisnis terhadap sekelompok orang yang kurang beruntung, seperti pekerja pabrik, LSM/aktivis, veteran perang yang cacat, dan etnis minoritas. Film ini juga mencoba memanggil “cakrawala kesadaran sejarah” yang diwakili melalui paduan suara “Kematian Partisan” yang mengomentari dialog politik antara penindas dan tertindas.

Tower Songspiel (2010. 36’ 52”)
Seri terakhir dari trilogi Songspiel yang mulai diproduksi tahun 2009. Film ini membahas secara khusus bagaimana menara The Gazporm yang dibangun di wilayah Okhta Center di Petersburg yang menjadi situs warisan dunia UNESCO. Menara The Gazporm direncanakan menjadi simbol baru moderen Rusia. Bagaimana simbol seperti itu diproduksi? Bagaimana mesin ideologi kekuasaan berfungsi? Bagaimana proyek seperti ini dapat terus dilakukan walaupun mendapat perlawanan dari warga?

Nama ini diambil dari judul novel karya seorang penulis Rusia abad ke-19, Nikolai Chernyshevsky, Chto Delat? atau Apa yang harus dilakukan? Nama ini juga merupakan nama sebuah penerbitan surat kabar internasional yang terbit pada Mei 2003. Terbitan itu dipilih menjadi nama kolektif yang didirikan di Petersburg oleh sekelompok seniman, kritikus, filsuf, dan penulis dari St. Petersburg, Moskow, dan Nizhny Novgorod dengan tujuan menggabungkan teori politik, seni, dan aktivisme. Selain surat kabar, kolektif Chto Delat memproduksi beragam media, seperti film, video, radio, musik, teater, hingga proyek-proyek seni yang telah dipresentasikan di berbagai perhelatan internasional.