TADASU TAKAMINE

TADASU TAKAMINE
JAPAN SYNDROME: MITO, KANSAI, YAMAGUCHI
2012
Tiga video kanal-tunggal dan gambar pada dinding Mito 49 menit
Kansai 31 menit
Yamaguchi 46 menit

 

Tadasu Takamine (1968, Jepang)
Seorang seniman visual dan performans, Takamine tinggal dan bekerja di Akita, Jepang. Dia juga berprofesi sebagai asisten profesor di Akita University of Art, Jepang.
Takamine meraih gelar sarjana Seni Murni dari Kyoto City University of Arts & Music (1990), belajar di institut Advanced Media Arts and Sciences (IAMAS) di Gifu, Jepang (1999), dan mempelajari seni rupa menggunakan lacquer di Kyoto City University of Arts and Music. Sejak awal tahun 2000-an, Takamine telah memproduksi sejumlah pertunjukan yang menyorot kemampuan ekspresif tubuh manusia, melemparkan sejumlah pertanyaan sosial yang mendesak melalui karya yang provokatif dan humoris.

Japan Syndrome (2012) adalah sebuah instalasi video karya Tadasu Takamine berdasarkan praktik lapangan yang diambil dari tiga kota di Jepang – Mito, Kyoto, dan Yamaguchi. Alasan sang seniman memilih kota-kota tersebut dikarenakan ketiganya dekat dari Fukushima, kota dimana pada 2011 terdapat sebuah reaktor nuklir yang meleleh.

Di kota-kota tersebut, sang seniman merekam obrolan antara para pemilik toko kelontong dengan pelanggan mereka, dan mengubah dialog-dialog tersebut menjadi lakon-lakon pendek yang direka ulang dan direkam melalui video. Visual lakon- lakon tersebut dibuat minimalis, sehingga para penonton dapat fokus ke dialog-dialognya.

Obrolan sehari-hari di toko-toko kelontong tersebut terdengar lucu, namun secara halus menangkap rasa cemas orang-orang akan informasi simpang siur mengenai dampak radiasi nuklir Fukushima dan efek radiasi terhadap barang-barang belanjaan yang akan dibeli para pelanggan. Karya ini mempertanyakan integritas informasi yang disebarkan oleh pihak berwenang, media massa, media sosial, dan oleh berbagai macam gosip lain di masyarakat yang kian terhubung.