The Guerrillas of Cu Chi

The Guerrillas of Cu Chi

The Guerrillas of Cu Chi

20 menit 4 detik
Video kanal tunggal
2012

Karya ini dengan ironis menggambarkan keadaan the Cu Chi tunnels, sebuah terowongan yang pada perang dunia kedua menjadi ‘neraka’ persembunyian gerilyawan Viet Cong. Dahulu, the Cu Chi tunnels digunakan oleh gerilyawan Viet Cong sebagai tempat bersembunyi selama pertempuran, berfungsi sebagai jalur komunikasi dan distribusi logistik, rumah sakit, gudang makanan dan senjata, serta tempat bertahan hidup para gerilyawan.

Saat ini, terowongan itu dijadikan objek wisata. Objek wisata yang memungkinkan pengunjung mengalami simulasi perang, memeragakan adegan perang, kemudian tertawa-tawa atas tindakan dan aksi mereka sendiri. Menggunakan high-speed film camera untuk menghasilkan gambar dengan gerakan super lambat, serangkaian turis digambarkan “ditembak” bersamaan dengan saat mereka membidikkan senjata ke arah terowongan Cu Chi. Sebuah kamera terletak berhadapan langsung dengan para pembidik target. Kamera juga ditempatkan di belakang kaca anti-peluru yang secara langsung memindai adegan tembak-menembak dramatis seperti yang terjadi dalam perang sesungguhnya; deru tembakan, asap, foto dan aksi-reaksi diubah menjadi kritik atas budaya dan massifnya gerakan ekonomi global pasca-perang.

The Propeller Group

Grup ini didirikan tahun 2006 oleh tiga orang seniman yang juga aktif bekerja secara individu; Phunam, Matt Lucero, dan Tuan Andrew Nguyen. Melalui karya-karya kolaboratifnya, mereka mencoba menggabungkan antara seni murni dan media mainstream. Ketertarikan mereka terhadap multimedia dan komunikasi massa dituangkan ke dalam media baru, iklan online, produksi film, produk televisi komersil, hingga instalasi. Melalui karya multi-platform, mereka telah berkolaborasi dengan banyak seniman lain, seperti Superflex (Denmark) dan Dinh Q. Lê (Vietnam). Karya-karya mereka juga telah dipresentasikan di berbagai perhelatan seni rupa, seperti Lyon Biennale , Singapore Biennale, Guangzhou Triennial, Gwangju Biennale, dan terakhir di Venice Biennale (2014).