The Ideas Trial

The Ideas Trial

The Ideas Trial

35 menit 16 detik
Video Kanal Tunggal
Indonesia, 2014

Dalam presentasinya, The Ideas Trial mencoba keluar dari batas sinema (single channel dan ruang gelap). Karya ini mengajak penonton untuk berpartisipasi membaca naskah yang sama dengan yang dibaca oleh lima orang juri dan satu orang moderator yang memiliki karakter berbeda-beda namun sebenarnya berasal dari satu orang pemain. Film yang terinspirasi dari naskah drama karya Reginald Rose, The Twelve Angry Men (1957) ini menghadirkan tegangan antara wilayah sinema, teater, sastra, dan karya interaktif dalam satu karya.

The Ideas Trial mempertanyakan kesadaran manusia dalam mencoba merumuskan sebuah keputusan. Dalam hal ini memperdebatkan sebuah kualitas dari ide artistik. Apa yang terjadi ketika mempersoalkan sesuatu yang tidak terhitung? Dari mana kita harus mencapai kesimpulan jika yang diandaikan adalah hal-hal yang tidak memiliki ukuran? Sebuah dramaturgi yang mengandaikan berbagai kriteria dan kepentingan yang disampaikan oleh suara kebingungan dan perdebatan dalam benak seorang seniman (manusia) yang tidak pernah berakhir. Kepada siapa seorang individu akan memberikan hak voting jika itu terjadi dalam ruang privat?

Rizki Resa Utama

Rizki Resa Utama adalah seorang seniman media berbasis waktu, terutama dalam video, fotografi, dan pertunjukan. Ia meraih Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universtias Padjajaran, Bandung, Indonesia (2006); Diploma Seni Rupa Jerman (2013); dan Meisterschüler di HBK Braunschweig, Jerman (2014). Sejak 2008, ia bekerja di Jerman.