The Plastic Garden

The Plastic Garden

The Plastic Garden

11 min 12 sec
Single Channel Video
Hong Kong, 2013

Karya ini membajak sebuah permainan tembak-menembak berjudul Call of Duty: Black Ops (video game yang dirilis tahun 2010) yang menjadikan era Perang Dingin sebagai latar ceritanya. Memotong salah satu skena pada narasi permainan tersebut dengan hanya mengambil suasana sebuah rumah serta pekarangannya. Si seniman melakukan manipulasi adegan: tidak menghadirkan baku tembak sama sekali. Keheningan yang ditonjolkan oleh karya video ini, justru menghujam lebih dalam ingatan kita tentang kecemasan terhadap dampak pertikaian sosial-politik global. Perang, dalam keadaan tertentu, tak lebih menakutkan dibandingkan jeda penantian menjelang keputusan akhir: bagaimana wujud masa depan yang akan kita lalui?
Kenyataannya, kegelisahan itu membuncah dalam citra-citra simbolik, salah satunya video game perang, dan hadir sebagai karakteristik budaya kontemporer di era masyarakat bermedia.

Dengan The Plastic Garden, seniman ini merangsang indera pemahaman kita tentang masa depan, tentang mimpi buruk kebinasaan massal di masa yang akan datang, dalam rangka mendefinisikan ulang esensi tragis dari kenyataan sosiopolitik moderen.

IP Yuk-Yiu
Ip Yuk Yiu adalah seorang seniman, pendidik seni, dan kurator lepas. Karyanya telah dipertunjukkan secara ekstensif di festival internasional, seperti European Media Art Festival, VideoBrasil, Transmediale dan ISEA. Saat ini, ia adalah Lektor Kepala di Sekolah Media Kreatif, Universitas Hong Kong.