Thing

Thing

Thing

17 menit
Video Kanal Tunggal
Belgia, 2013

Thing dirancang menggunakan komputer. Lingkungan perkotaan dipindai (scan) dan ditransformasikan menjadi titik-titik yang membentuk profil tiga dimensi bangunan dan lanskap jalanan. Gambar dengan resolusi besar yang ia tampilkan mampu menghadirkan bentuk-bentuk detail seperti awan, dengan titik yang sangat kecil, mengubah yang nyata menjadi sebuah dunia lain yang menakjubkan, antara ada dan tiada, kehadiran dan ketiadaan.

Karya yang mendapatkan penghargaan Honorary Mention dalam Prix Ars Electronica 2014 untuk kategori Computer/Animation/ Film/VFX ini dibuat Anouk De Clercq sebagai kelanjutan dari ketertarikannya pada apa yang disebut ‘unit terkecil’ yang membentuk gambar digital, yaitu titik (dot) yang mengorganisasi sistem gambar digital.

Thing adalah semesta arsitektur yang tak henti-hentinya memperlihatkan dunianya sendiri. Untuk itu, ‘ada’ hanya sebagai kumpulan titik-titik ketika kamera, atau sudut pandang mengembara ke berbagai tempat. Memang, teknologi yang digunakan dalam Thing tidak memungkinkan berbicara tentang kamera karena terbuat dari scan 3D dari ruang perkotaan. Sebaliknya, karya ini bisa berbicara tentang sudut pandang, tatapan, atau bahkan ingatan virtual yang mengembara menjelajahi arsitektur fiktif dan perjalanan masa lalu dalam pola perkotaan saat ini.

Anouk De Clercq
Seniman asal Belgia ini belajar piano di Ghent dan film di Fakultas Seni dan Desain, Sint-Lukas Brussels University. Karya-karyanya mengeksplorasi peluang audiovisual dari bahasa pemprograman untuk menciptakan berbagai kemungkinan dunia serta karakter arsitektur imaji digital yang kuat. Dia menerima beberapa penghargaan di antaranya Illy Prize di Art Brussels (2005) dan Prix Ars Electronica Honorary Mention (2014). Karya-karyanya telah dipamerkan dalam Tate Modern, Centre Pompidou, Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofia, MAXXI, Centre d’Art Contemporain Genève, International Film Festival Rotterdam, Ars Electronica, dan lainnya. Anouk De Clercq juga peneliti artistik di School of Arts University College Ghent dan salah satu pendiri Galeri Auguste Orts.