Tuah Untuk Timur

Tuah Untuk Timur

Tuah Untuk Timur

6 menit 37 detik
Video Kanal Tungal
Indonesia, 2014

Tuah untuk Timur merupakan salah satu video yang dihasilkan dari Program Media untuk Papua Sehat. Sebuah program pemberdayaan media berbasis komunitas yang membahas persoalan kesehatan di Papua. Eksperimentasi bahasa sinema dalam Tuah untuk Timur mengandalkan elemen-elemen di dalam bingkai kamera, seperti zoom in dan zoom out sebagai metafor.

HIV-AIDS telah menjadi permasalahan yang tidak hanya bersinggungan dalam konteks kesehatan, tetapi telah menjadi persoalan sosial-budaya di tanah Papua. Bahkan menjadi persoalan yang sangat sensitif menyangkut bagaimana penyakit ini bisa muncul, tersebar, dan membawa maut bagi masyarakat Papua. Gesekan-gesekan budaya dan perspektif antara masyarakat lokal, pendatang, hingga warga asing dalam menyikapi HIV-AIDS dicoba didedah oleh sosok pendeta yang sejak masa Orde Baru telah bekerja di tanah itu.

Seorang pendeta berjalan mendekati kamera, melintasi jembatan gantung di hutan Papua, di atas sungai Balim, Wamena. Kehadirannya mencolok karena pantulan sinar matahari dari jubahnya mempengaruhi hasil bidikan kamera statis. Diiringi suara wawancara mengenai kondisi sosiokultural masyarakat Wamena dan Papua secara keseluruhan, karya video ini menghadirkan pertanyaan tentang dampak sebuah Orde yang telah menganaktirikan suatu kawasan di Timur Indonesia.

Halaman Papua

Salah satu program yang dikembangkan oleh Forum Lenteng sejak tahun 2014 dan fokus pada isu media dan sosial masyarakat Papua. Di tahun pertama, Halaman Papua mencoba fokus membicarakan isu hak asasi manusia dan kesehatan yang bekerjasama dengan komunitas setempat di empat lokasi, yaitu Sentani, Kota Jayapura, Wamena & Timika. Selain bekerja menggunakan medium audio visual, program ini juga berupaya menghadirkan beragam perspektif masyarakat setempat melalui teks dan fotografi yang dimuat di jurnal online.