Untitled

Untitled

Untitled

Loop
Mixtape
Indonesia, 2015

Berawal dari ketertarikan terhadap musik-musik modern Indonesia, kelompok Irama Nusantara terbentuk pada 2013. Bagi Irama Nusantara, musik merupakan salah satu bagian penting dalam menelusuri jejak perjalanan suatu bangsa. Mereka pun bergerak mengumpulkan beragam medium tempat musik-musik itu terekam, seperti vinyl, kaset, hingga compact disc.

Di tahun 2014, kelompok ini mendapat kesempatan meningkatkan gerilyanya melacak jejak-jejak musik modern Indonesia. Hingga akhirnya mereka dapat mengumpulkan ratusan musik modern rilisan Indonesia era ’50-an hingga ’80-an dan membagikannya secara gratis melalui situs www.iramanusantara.org

Karya mixtape Untitled mencoba mengumpulkan kepingan-kepingan ingatan yang terdapat dalam database mereka. Menurut Irama Nusantara, musik (vinyl dan radio) sangat identik dengan propaganda Orde Lama, sedangkan audiovisual (televisi dan film) digunakan sebagai propaganda Orde Baru.

Dalam karya ini, Irama Nusantara mencoba memperlihatkan bagaimana suara di awal keberadaan Orde Baru–Gegar budaya, pengimitasian, serta sosialisasi nilai-nilai baru. Mulai  dari serapah Koes Bersaudara akan rezim Orde Lama, Mars Repelita, Ayoman Pohon Beringin, hingga iklan susu. Karya ini mencoba merefleksikan semangat kebebasan yang muncul di periode awal pemerintahan Orde Baru (1968—1973).

Irama Nusantara
Menginisiasi pendataan, pelestarian, dan pengarsipan musik Indonesia era ’50-an hingga ’80-an dan mendistribusikan temuan-temuannya untuk kemudian diunggah ke dalam database online mereka www.iramanusantara.org. Hal-hal tersebut mereka lakukan dilandasi oleh kesadaran akan pentingnya masyarakat untuk mengenal musik modern Indonesia sebagai bagian dari identitas bangsa. Selain bekerja seperti sekelompok arkeolog musik yang berkeliling Indonesia mencari vinyl-vinyl terbitan tahun ‘50-an, kelompok ini juga sering terlibat dalam performans-performans musik yang diadakan di ibukota dengan menghadirkan mixtape lagu-lagu ’50-an hingga ’80-an dengan performa disc jockey vinyl.