Untitled

Untitled

Untitled

20 menit
Performans Multimedia
Indonesia, 2015

Aksi panggung Racun Kota, mengingatkan pada situasi dunia musik saat Slank tampil dipentas di awal 1990. Kemunculannya diibaratkan seperti perwakilan kelas marjinal yang bisa masuk ke dalam layar kaca. Selain karena faktor lirik yang merakyat, penampilan Slank yang apa adanya, seolah membius generasi pada masa itu untuk turut mengeluarkan ekspresi “kemudaannya”. Trio asal Jakarta ini boleh dikatakan memiliki kemiripan dengan Slank dalam hal estetik musik, meski berbeda genre.

Racun kota selalu menghadirkan materi musik mentah, tetapi selalu dapat dibungkus menarik dengan aksi panggung mereka yang frontal. Lirik keseharian yang boleh dibilang sangat kasar secara bunyi, malah makin memperiuh suasana. Sedangkan, tampilan visual “kotor” yang dihadirkan di hampir setiap performansnya membuat penonton semakin larut. Trio ini seolah mewakili seluruh rasa ketidakpuasan personal yang tidak dapat diungkapkan kebanyakan individu. Boleh dikatakan, mereka adalah instrumen kebebasan kaum muda.

Racun Kota

Sebuah projek musik experimental berbasis kesenangan oleh Jablay, Toxicologhy, Eloco Tigre. Trio yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda mulai dari street artist hingga karyawan dealer mobil yang ketiganya berdomisili di Jakarta, selalu menampilkan performans yang liar. Dalam aksi panggungnya selalu mencampurkan berbagai elemen salah satunya visual yang biasanya gambar-gambar yang dianggap tabu dalam ketatakramaan masyarakat kebanyakan.