URSULA BIEMANN & PAULO TAVARES

URSULA BIEMANN & PAULO TAVARES
URSULA BIEMANN & PAULO TAVARES
FOREST LAW
2014
Instalasi video dua kanal, video, peta, cetakan
38 menit

 

Ursula Biemann (1955, Swiss)
Ursula Biemann adalah seorang seniman, penulis, dan pembuat esai video asal Zurich, Swiss. Praktik seni berdasarkan risetnya melibatkan kerja lapangan di daerah-daerah terpencil dimana ia menelusuri perubahan iklim dan ekologi minyak, es dan air. Hasil dari sejumlah risetnya dipertunjukkan dan disajikan sebagai kuliah, seminar dan publikasi ke seluruh dunia. Kerja-kerja lapangan telah membawanya ke Amazon dan Arktik untuk proyek-proyek seperti Forest Law, Deep Weather, dan Subatlantic yang kesemuanya juga melihat imbas perubahan iklim di Indonesia.

Paulo Tavares (1980, Brazil)
Paulo Tavares adalah seorang arsitek dan pakar perkotaan, seorang profesor budaya visual dan desain landskap di University of Brasilia, serta direktur layanan spasial Autonoma. Menggabung- kan desain, kartografi berbasis media dan tulisan, ia menilik lebih lanjut hubungan dan konlik antar ruang di perkotaan, wilayah- wilayah, dan ekologinya. Tavares rutin menggelar pameran dan tulisannya telah diterbitkan di pelbagai media di seluruh dunia.

Proyek ini berasal dari riset yang dilakukan di daerah industri minyak dan pertambangan di pesisir Sungai Amazon wilayah Ekuador—salah satu daerah yang kaya akan keanekaragaman hayati dan cadangan mineral di Bumi, namun saat ini sedang dalam tekanan besar dari upaya penambangan banyak pihak. Inti dari karya Forest Law ini adalah serangkaian tuntutan hukum kelas kakap yang telah diajukan ke pengadilan untuk membela hak-hak alam. Salah satu contohnya, Suku Sarayuka telah menang di pengadilan atas dasar paradigma hubungan kosmologis lokal dengan alam. Sejumlah kasus serupa juga terjadi di pulau-pulau di Indonesia, dan video ini menunjukkan hubungan antara kekerasan dengan suku asli.