Who Can Be Happy And Free

Who Can Be Happy And Free

Who Can Be Happy And Free

5 menit
Video Kanal Tunggal
Rusia/Belanda, 2014

Dalam karya ini, Lyubov Matyunina menerjemahkan puisi berjudul Who Can Be Happy and Free di  Russia? karya Nikolaj Nekrasov yang ditulis pada 1877 dan menjadi sebuah film tentang keadaan Rusia saat ini. Puisi tersebut ditulis di bawah pemerintahan Tsar setelah masa penghapusan perbudakan, sedangkan film ini dibuat pada masa pemerintahan Putin setelah Rusia menyerang Ukraina.

Film ini merupakan sebuah narasi mengenai situasi politik di Rusia secara tidak langsung. Matyunina melakukan perjalanan melewati beberapa wilayah di Rusia, bertanya kepada masyarakat mengenai persepsi mereka akan kebebasan dan kebahagiaan. Pada umumnya para responden menjawab lebih personal dari setiap pertanyaan yang diajukan. Pencarian kebebasan dan kebahagiaan bagi mereka tak lepas dari pertemanan, keluarga, wajib militer, agama, minuman dan musik. Tidak nampak kesan sinis dan menyedihkan dari orang Rusia saat ini, tapi dalam waktu yang bersamaan terlihat begitu intim dan sangat penting. Film ini memperlihatkan optimisme yang terlihat dari masyarakat Rusia saat ini.

Lyubov Matyunina

Lahir di Kaliningrad, Rusia. Meraih gelar Sarjana Seni Rupa di Akademi Gerrit Rietveld (2014). Dia menamatkan studi Politik Dunia di Universitas Gotland, Swedia (2006). Kemudian, lanjut mendapatkan master jurnalistik di Universitas Negeri Rusia (2007). Dia adalah pendiri UKROP Moving Art Platform (www.ukrop.nl). Karyanya mendapat banyak penghargaan, seperti Tent Public Choice Award (2014) dan Moving Baltic Sea Festival (2008). Filmnya telah disertakan di berbagai festival film internasional, seperti Festival Film Internasional Rotterdam, Belanda, Luksuz film festival, Krško, Slovenia, dan KOROCHE film festival, Kaliningrad, Russia. Pengajar dan fasilitator workshop “Video Satu Menit” ini tinggal dan bekerja di Amsterdam.